Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah Medan

Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah Medan

Pada zaman pemerintahan Belanda, Sumatera Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatera, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan. Setelah kemerdekaan, dalam sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND), Provinsi Sumatera kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli. Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatera dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yaitu: Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Tengah, dan Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatera Utara.

Medan adalah ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara yang merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Penduduk Medan berjumlah lebih dari 2 juta jiwa yang terdiri dari berbagai etnis, seperti Batak, Jawa, Sunda, dan Tionghoa. Di Medan juga banyak suku etnis dari seluruh Indonesia yang datan untuk berbisnis. Kota ini juga rumah bagi warga keturunan Cina dan India yang cukup mendominasi. Daerah yang sangat indah di Sumatera Utara adalah sekitar Danau Toba, di sini hidup masyarakat Batak yang dibagi menjadi enam budaya, masing-masing memiliki bahasa, upacara, dan tradisi yang berbeda. Meskipun terisolasi secara geografis tetapi orang Batak memiliki riwayat hubungan dengan dunia luar.  Hubungan perdagangan antara dataran tinggi dan daerah lain pun berjalan baik yaitu pertukaran barang seperti garam, kain, dan besi, lalu yang diimpor ke wilayah ini seperti  emas, beras dan cassia (jenis kayu manis). Berbicara tentang budaya kerajinan Medan, tenunan merupakan seni kerajinan yang menarik dari suku Batak. Contoh tenunan ini adalah kain ulos dan kain songket. Ulos merupakan kain adat Batak yang digunakan dalam upacara-upacara perkawinan, kematian, mendirikan rumah, kesenian,dsb. Bahan kain ulos terbuat dari benang kapas atau rami. Warna ulos biasanya adalah hitam, putih, dan merah yang mempunyai makna tertentu. Sedangkan warna lain merupakan lambang dari variasi kehidupan. Tapi siapa sangka batik kini telah merambah dan telah memasuki duani pasar di kota Medan. Batik yang memang khalayak tahu berasal dari daerah Jawa, akan tetapi batik menjadi salah satu seragam atau pakaian yang bernasional di Indoensia.

Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah Medan, jangan sangka produksinya pun kini telah merambah di daerah Medan. Jadi untuk warga masyarakat Medan yang memang gemar akan batik, jangan khawatir dan tidak perlu jauh untuk bisa mendapatkan batik. Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah Medan, dalam modernisasi jaman kita dapat melakukan secara mudah di media online.  Ayo jangan ragu untuk visit www.seragam-batik.com dan jangan lupa catat nomor telepon 082115069960 Andryan, serta chat Whatsapp 082320744774 Arini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *